Rabu, 01 Februari 2012

Tips membuat Foto Panorama


 Tips membuat Foto Panorama

Tips ini saya ambil dari sebuah majalah dan saya mencoba untuk mempraktekkanya.
Ada banyak cara untuk membuat foto panorama yang tentunya dengan menggunakan kamera yang memiliki fasilitas panorama atau dengan dukungan lensa superwide atau fisheye yang harganya tidaklah murah.lalu bagaimana dengan kita yang alatnya terbatas??

Jangan berkecil hati..kita kan mencoba menghasilkan sebuah karya semaksimal mungkin dengan alat yg kita punya…..(asal punya kamera & tripot ya.hehehe)
Lansung saja ya mengenai teknis pemotretan :
    Untuk memotret Panorama,tentukan area pemandangan yang hendak kita rekam.
Ambil pemandangan dalam 2 atau 3 segmen saja.tentukan batas kiri dan kanan objek.
Pasang kamera ke tripot.setel kamera ke scene mode landscape.arahkan  ke sisi pemandangan yg telah anda tentukan sebagai titik awal lalu jepret…..
Kemudian geser kamera kea rah titik akhir pemandangan dengan bantuan sumbu vipot
( sumbu putar )pada tripod.pastikan sedikit bagian pada poto pertama terikut di poto kedua ini.lakukan proses pemotretan serupa  untuk segmen lain hingga titik akhir pemandangan.jika sudah kita kan mentransfer dan mengolah foto dikomputer kita dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Langkah-langkah menggabungkan foto di Adobe Photoshop :

1.Gabungkan foto-foto yang di ambil secara berurutan.klik File>Automate>Photomerge…pada menu ‘use”,klik File>browse.seleksi file yang akan di gabungkan.untuk menyeleksi banyak file,tekan Ctrl dan klik satu persatu file.klik open

2.Pada menu “layout” pilih Auto.untuk opsi “Auto”.penggabungan dilakukan berdasarkan layout “perspektif”.untuk memulai proses penggabungan klik Ok.tunggu beberapa saat panel layer akan terlihat berubah-ubah isinya selam proses berlangsung.

3.Anda harus melakukan Cropping untuk memotong area-area yang tersisa di luar gambar.klik Crop Tool di toolbox.tarik pointer mengelilingi area foto yang tidak hendak di buang.tekan enter hingga area di luar foto menghilang dan menampilkan foto utuh.

4.Gabungkan seluruh gambar dengan mengklik Layer>Flatten Image.anda bisa mengatur
Kecerahan dan kontras gambar secara otomatis dengan mengklik Image>Adjusments>Auto Level atau Auto Contrast,mengedit warna pun bisa di lakukan agar foto kian apik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar